DASAR- DASAR PENGUKURAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN (Matrikulasi)

Posted: November 28, 2015 in PEP Kepengawasan

DASAR- DASAR PENGUKURAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

Jenis Skala
Skala Nominal : menggunakan angka sebagai penanda objek
Skala Ordinal : menggunakan angka sebagai urutan atau rangking atau hierarki.
Skala Interval : menggunakan angka untuk mewakili perbandingan dari rentang data.
Skala Rasio : menggunakan angka sebagai pembanding data.

Pendekatan Penilaian
Penilaian Acuan Patokan (PAP) : adalah model pendekatan penilaian yang mengacu kepada suatu kriteria pencapaian tujuan (TKP) yang telah ditetapkan sebelumnya. PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa dengan menggunakan sejumlah patokan. Bilamana siswa telah memenuhi patokan tersebut maka dinyatakan berhasil. Tetapi bila siswa belum memenuhi patokan maka dikatakan gagal atau belum menguasai bahan pembelajaran tersebut. Nilai-nilai yang diperoleh siswa dihubungkan dengan tingkat pencapaian penguasaan siswa tentang materi pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Penilaian Acuan Norma (PAN) : adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok atau nilai-nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai-nilai siswa lain dalam kelompok tersebut. Dengan kata lain PAN merupakan sistem penilaian yang didasarkan pada nilai sekelompok siswa dalam satu proses pembelajaran sesuai dengan tingkat penguasaan pada kelompok tersebut. Artinya pemberian nilai mengacu pada perolehan skor pada kelompok itu.

Sistem Pembelajaran
Sistem Pembelajaran terdiri atas perencanaan, meliputi menyusunan Perangkat pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran dan Pengembangan Pembelajaran.

Penilaian Belajar
1. Penilaian Kemampuan Kognitif.
Penilaian ranah kognitif menggunakan acuan Bloom. Ranah ini meliputi tingkatan terendah pengetahuan, kemudian Pemahaman, Penerapan, Analisis, Sintesis dan Evaluasi pada tingkatan tertinggi. Pada tahun 2001 revisi oleh Anderson dkk dengan Create (Mencipta) sebagai tingkatan tertinggi setelah Evaluasi.
2. Penilaian Kemampuan Psikomotorik
Penilaian ranah afektif menggunakan acuan Harrow. Ranah ini meliputi Imitasi (meniru dengan contoh) sebagai tingkatan terendah kemudian manipulasi (tanpa contoh visual dapat meniru), presisi (Lancar dan tepat), artikulasi (akurat dan cepat) dan naturalisasi (spontan dan otomatis) sebagai tingkatan tertinggi.
3. Penilaian Kemampuan Afektif
Penilaian ranah afektif menggunakan acuan Krathwohl. Ranah ini meliputi Menerima, Menanggapi, Menghargai, Mengatur diri dan Menjadikan pola hidup.

Leave a comment